DISCLAIMER


I made this widget at MyFlashFetish.com.

Friday, August 6, 2010

The Thirteenth Tale


Judul : Dongeng Ketiga Belas
Judul Asli : The Thirteenth Tale
Pengarang : Diane Setterfield
Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, November 2008
Penerjemah : Chandra Novwidya Murtiana

'Ceritakan padaku yang sesungguhnya'.

Permintaan sederhana itu mengusik hati Vida Winter, novelis ternama yang penuh rahasia. Bukankah selama enam puluh tahun ini dia telah mengarang banyak dongeng, tapi tak pernah mengungkapkan kisahnya sendiri? Namun, menjelang ajal, masa lalu tak dapat dihindarinya lagi, berapa pun banyaknya dongeng yang telah ditenunnya.

Maka Vida Winter mengundang Margaret Lea, penulis biografi muda, yang memiliki rahasia sendiri tentang kelahirannya, yang telah dikubur dalam-dalam oleh orang-orang yang paling dia kasihi, dan menciptakan bayang-bayang kelam yang membuntuti tiap langkahnya.

Dengan rasa penasaran dan berbagai pertanyaan di otaknya, Margaret pun berangkat menuju kediaman Vida Winter. Vida Winter, di masa tuanya, menyimpan banyak rahasia. Tapi, dengan berbagai aturan, rasa penasaran Margaret tidak dapat dituntaskan. Cerita harus mengalir, tanpa pertanyaan, tidak boleh melompat langsung ke bagian akhir.

Margaret pun dibawa ke masa lalu Vida Winter, ke masa kecilnya di rumah keluarga Angefield. Keluarga aneh dan cenderung menyimpan kegilaan. Charlie, si kakak laki-laki yang menyimpan cinta pada adiknya, Isabelle. Lalu, Isabelle yang menyia-nyiakan si kembar, anaknya. Sosok si kembar Adeline dan Emmeline yang terlantar, tapi tak terpisahkan. Lalu, tokoh pendukung, seperti tukang kebun, John-the-Dig, pengurus rumah tangga, Missus, Dokter dan Mrs. Maudsley, serta Hester, guru yang punya misi tersendiri.

Lambat laun setiap misteri yang menyelimuti rumah Angelfield mulai terungkap, seperti cerita tentang Hester yang melihat si kembar yang sedang bermain, siapa yang memukul Mrs. Maudsley dengan biola, siapa yang membunuh John-the-Dig, juga tulang belulang yang ditemukan dibawah reruntuhan.

0 comments:

Post a Comment

 
my own world, my own life, my own way Blogger Template by Ipietoon Blogger Template