DISCLAIMER


I made this widget at MyFlashFetish.com.

Saturday, August 14, 2010

Padang Bulan & Cinta di Dalam Gelas


Judul : Dwilogi Padang Bulan & Cinta di Dalam Gelas
Penulis : Andrea Hirata
Penerbit : Bentang Pustaka
Tanggal terbit : Juni 2010

Novel dwilogi Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas ini merupakan lanjutan dari Tetralogi Laskar Pelangi.

Padang Bulan bercerita tentang kehidupan Ikal di Belitong setelah menemukan A Ling. Ikal yang menentang keputusan ayahnya pergi dari rumah dan tinggal di rumah Mapangi.  Ia dan A Ling sering menghabiskan waktu bersama. Namun suatu hari ketika ia bertandang ke rumah A Ling, bibi gadis itu berkata bahwa A Ling sedang sibuk. Usut punya usut, ternyata A Ling telah dijemput oleh seorang pria gagah dan tampan bernama Zinar. Ikal yang terbakar cemburu meminta temannya, Detektif M. Nur, untuk menyelidiki siapa Zinar sebenarnya. Hasil penyelidikan Detektif M. Nur menjelaskan bahwa dialah pria yang akan menikahi A Ling. Ikal ingin balas dendam pada pria tersebut dengan cara mengalahkannya pada semua lomba yang diadakan pada lomba 17 Agustus, diantaranya catur, voli, pingpong, dan sepakbola. Ia juga ingin membuat Zinar tampak ciut bila disandingkan dengannya, yaitu dengan membeli sebuah alat bernama Ortoceria!

Cinta di Dalam Gelas bercerita tentang Enong atau Maryamah binti Zamzami, seorang wanita yang sudah menghadapi kesulitan ketika ia masih berumur 14 tahun. Kematian ayahnya membuatnya menjadi pendulang timah perempuan pertama. Kehidupannya menjadi ujian yang sangat berat dan berkali-kali ia harus menerima perlakuan yang tidak adil dari masyarakat sekitar yang iri dan tidak suka kepadanya. Mulai dari para penambang timah yang mencuranginya, membuatnya harus berjibaku menghindari gong-gongan anjing seumur hidup, lalu si juru taksir timah yang culas kepadanya, serta suaminya yang semena-mena terhadapnya membuatnya bercerai. Maryamah yang ingin membalas perbuatan suaminya lalu mengikuti lomba catur untuk mengalahkannya, padahal seumur hidup memegang bidak catur saja belum pernah. Cerita makin menarik ketika Grand Master perempuan, Ninochka Stronovsky, ikut campur tangan dalam permainan caturnya.

Novel ini adalah novel kultural  yang hendak memotret kehidupan orang Melayu (Belitong). Hal itu tergambar secara sempurna dalam novel kedua Cinta di Dalam Gelas. Orang Melayu yang memiliki budaya lisan sangat tinggi menemukan tempat yang pas untuk “melestarikan” budaya tersebut di warung kopi. Yang seru adalah cerita soal filosofi kopi bagi orang-orang Melayu, juga bagaimana warung kopi di Belitong menjadi pusat daya tarik orang-orang melayu.

0 comments:

Post a Comment

 
my own world, my own life, my own way Blogger Template by Ipietoon Blogger Template